Cara Memisahkan Layer Yang Sudah di merge di Photoshop

Cara Memisahkan Layer Yang Sudah di merge di Photoshop | ketika menggunakan photoshop, sobat pasti akan mengalami beberapa masalah. ada masalah yang memang internal dari photshop itu sendiri, sepert : terkena virus, susah menggerakkan mouse dll. ada juga masalah yang terjadi karena kesalahan kita sendiri, contohnya : membuat semua layer bersatu (merge) dan ujung-ujungnya menyesal karena tidak bisa memisahkannya kembali menjadi layer sendiri.

Dalam pertemuan kali ini, saya akan memberikan tips untuk memisahkan layer yang sudah di merge pada photshop dan memberikan antisipasi kepada sobat yang sering bekerja pada photoshop, agar layer yang penting tidak usah di otak atik tanpa mengurangi kualitas pekerjaa.

Perlu sobat ketahui, bahwa teknik menggabungkan layer merupakan teknik dasar dalam menggunakan photoshop. jika merasa masih awam, silahkan pelajari tutorial dasar photoshop lainnya pada blog ini

Cara Memisahkan Layer Yang Sudah di merge di Photoshop

Memisahkan layer yang sudah di merge sebenarnya sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan Undo Advanced. tekan CTRL ALT Z maka pekerjaan akan kembali dalam beberapa langkah sebelumnya. namun ini tidak sepenuhnya bisa menjawah pertanyaan sobat, mengapa ?? karena ada batasan undo pada setiap photshop. syukur kalau pekerjaan sobat bisa kembali, nahhhh kalau tidak. bagaimana. ? tidak ada cara lain broo.

Antisipasi

Agar pekerjaan sobat semua bisa lebih terjaga dan terstruktur. maka haruslah mengetahui mana bagian yang penting dan yang menjadi penghias saja. berikut beberapa teknik bekerja pada photoshop, agar tidak terjadi kesalahan - kesalahan aneh.

  • Buatlah group pada beberapa layer yang saling berhubungan dan berikan nama. ini berfungsi ketika ada pergeseran tempat maka semuanya akan bergeser bersamaan. selain itu kita tidak capek ketika mencari layer, apalagi kalau sudah puluhan layer.
  • Jika ingin merge layer, jangan merge all. gunakan merge advanced. yaitu dengan cara pilih layer yang ingin di merge lalu tekan CTRL ALT E. maka hasil merge akan muncul diatasnya dengan layer baru, tanpa mengganggu layer yang ada. jia ingin langsung merge semua tanpa mengganggu layer yang lain. tekan CTRL SHIFT E. tapi usahakan berada di layer paling atas.
Untuk saat ini, hanya itu tips yang saya tahu, kalau ada lagi, nanti langsung saya posting pada blog ini. 

Semoga yang saya berikan bisa membantu masalah "cara memisahkan layer yang sudah di merge di photoshop" sobat semua. intinya hati - hati dalam merge layer. bisa bisa pekerjaan desain di photoshop terulang dari awal lagi. Sekian dari SAFRI ST - Assalamualaikum.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel